Vaksinasi Covid-19

Presiden Sudah Divaksin di Lengan Kiri, Jokowi: "(Suntikannya) Enggak Terasa Sama Sekali" 

Presiden Joko Widodo ketika disuntik vaksinasi perdana Covid-19 hari ini, Rabu (13/1/2021) pagi, di Istana Kepresidenan. (Foto:Kompascom)

JAKARTA (ANEWS) - Presiden Joko Widodo menerima vaksinasi perdana Covid-19 pada hari ini, Rabu (13/1/2021) pagi, di Istana Kepresidenan. 

Jokowi mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 pertama sekitar pukul 09.42 WIB. Dokter kepresidenan yang menjadi pemberi vaksin menyuntikkan vaksin itu di lengan kiri Jokowi. 
Penyuntikan berlangsung singkat, hanya beberapa menit. "Enggak terasa sama sekali," ucap Jokowi sebagaimana dilansir dari pemberitaan Kompas.com, Rabu (13/1/2021). 

Setelah penyuntikan selesai, Jokowi pun mengucapkan terima kasih kepada dokter yang menyuntikkan vaksin tersebut.

Tak Terinfeksi Covid-19

Menjawab pertanyaan tim dokter kepresidenan, sesaat sebelum divaksin Covid-19 di Istana Presiden, Jakarta, Rabu(13/1/2021), Presiden Joko Widodo mengaku tak pernah terinfeksi virus corona selama pandemi berlangsung lebih dari 10 bulan. 

"Bapak Presiden apakah pernah terkonfirmasi menderita Covid-19?," tanya dokter tersebut. "Tidak," jawab Jokowi. 

Kepada dokter tersebut, Jokowi juga menyampaikan bahwa dirinya tak mengalami gejala Covid-19 dalam tujuh hari terakhir. Namun, ia mengaku pernah mengalami batuk kecil. 

"Pernah mengalami gejala batuk dalam 7 hari terakhir atau pilek, demam juga tidak ada?," tanya dokter lagi. 

"Enggak. Ya batuk kecil aja, uhuk, udah," kata Jokowi sambil tertawa. 

Dokter kemudian menanyakan apakah anggota keluarga Jokowi di rumah ada yang mengalami batuk. Dokter juga menanyakan apakah Jokowi menderita penyakit tertentu seperti jantung, ginjal, gula, atau diabetes.

Seluruh pertanyaan itu dijawab dengan "tidak" oleh Presiden. 
"Kalau dari hasil penapisan seperti itu kelihatannya sudah tidak ada masalah untuk dilakukan tindakan vaksinasi. Mudah-mudahan nanti tindakannya berjalan dengan baik," kata dokter. 
"Iya, amin, terima kasih dokter," kata Jokowi. 

Selesai menjawab pertanyaan, vaksin Sinovac kemudian disuntikkan ke lengan kiri Jokowi oleh tim dokter. 

Presiden Jokowi menjadi orang pertama di Indonesia yang divaksin Covid-19. Setelah Jokowi, ada sejumlah tokoh dan pejabat yang ikut divaksin, seperti Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Azis, hingga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih. (ZET)



Tulis Komentar